Recent Posts

Siapa yang tak ingin menjadi orang kaya? Beberapa memilih cara yang benar untuk memperoleh kekayaan sementara tak jarang yang menghalalkan segala macam cara hanya untuk menjadi kaya. Norma (Cameron Diaz) dan Arthur Lewis (James Marsden) juga ingin menjadi orang kaya. Masalahnya seberapa besar keinginan mereka menjadi kaya?

Norma dan Arthur memang bukan orang yang kaya. Dengan penghasilan yang pas-pasan mereka berdua berusaha menghidupi anak semata wayang mereka dan itu bukanlah pekerjaan yang ringan. Suatu ketika, pasangan suami-istri ini mendapat sebuah kotak yang terbuat dari kayu. Pada kotak kayu itu ada sebuah tombol dan tombol ini punya fungsi ganda.

Keesokan paginya, seorang pria bernama Arlington Steward (Frank Langella) muncul dan memberi tahu Norma dan Arthur guna dari kotak itu. Bila tombol yang ada pada kotak itu ditekan maka orang yang menekan tombol itu akan menjadi kaya raya. Ia akan mendapatkan uang sebanyak US$1 juta dalam sekejap. Konsekuensinya, di saat yang sama akan ada orang lain yang akan mati karena tombol itu.

Norma dan Arthur hanya punya waktu 24 jam karena setelah itu kotak itu bukan lagi milik mereka. Kini Norma dan Arthur harus mengalami dilema moral antara menjadi kaya namun menyebabkan orang lain mati atau tetap menjadi miskin.

Ide cerita film ini mengingatkan pada film-film pendek Alfred Hitchcock yang di putar di saluran televisi nasional beberapa tahun yang lalu. Tokoh utama dihadapkan pada sebuah dilema dan ketika tokoh ini salah membuat pilihan maka konsekuensinya akan sangat fatal. Biasanya sifat dasar manusia seperti iri dan keserakahan adalah kunci kejatuhan dari karakter utama ini, mirip seperti kisah Shakespeare yang tragis.

Tidak ada yang salah dengan ide ini. Buktinya film seri TWILIGHT ZONE juga masih banyak penggemarnya walaupun hampir semua kisahnya berangkat dari ide yang sama. Malahan sebenarnya THE BOX ini adalah adaptasi dari salah satu episode TWILIGHT ZONE yang berjudul BUTTON, BUTTON.

Ternyata, justru di sinilah letak kegagalan sutradara Richard Kelly. Ide yang terlalu ringkas tak bisa dijabarkan dengan baik ke dalam film berdurasi 116 menit ini. Akhirnya, yang terasa adalah usaha untuk membuat durasi jadi lebih panjang yang berbuntut rasa bosan dan kebingungan. Ada titik di saat, Richard sepertinya enggan memberikan penjelasan dari sebuah adegan sehingga penonton yang sudah menunggu titik klimaks dari film ini malah jadi lebih bingung lagi.

Banyak adegan yang terasa tidak punya ikatan kuat dengan ide dasar cerita ini sendiri sehingga kalaupun adegan itu ditiadakan maka film ini tidak akan kehilangan alur. Mungkin ada baiknya jika THE BOX ini dibuat menjadi film pendek saja seperti film yang diadaptasinya. Dengan begitu mungkin film ini jadi lebih menarik.

Genre : Thriller
Release Date : November 6, 2009
Director : Richard Kelly
Script : Richard Kelly
Producer : Richard Kelly, Dan Lin, Sean McKittrick
Distributor : Warner Bros. Pictures
Duration : 116 minutes
Budget : US$$30 million
Official Site : thebox-movie.warnerbros.com

8.2.10

0 comments

Posting Komentar